April 20, 2021 By xclmedia Off

Tips Mengunci Sebagian Sel Atau Worksheet Pada Excel

Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data pilihan, dimana fitur-fitur yang disediakan Excel sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk masalah efisiensi kerja dan akurasi dalam menyajikan data. Dengan segudang fiturnya tersebut, tidak ketinggalan juga fitur Excel yang sangat berguna bagi pengguna terutama untuk masalah keamanan, yaitu fitur penguncian worksheet dan workbook.

Penguncian worksheet pada Excel berguna agar data dalam worksheet tersebut terjaga dan tidak dapat dirubah atau diedit. Meskipun begitu data pada worksheet tersebut tetap dapat di salin ke worksheet lainnya atau dipindahkan ke workbook lainnya..

Kemudian penguncian workbook Excel berguna agar seluruh isi dari workbook terkunci, sehingga seluruh konten data dalam worksheet yang terdapat pada workbook tersebut akan terkunci secara keseluruhan. Data tidak akan dapat dipindahkan, tidak dapat diedit, bahkan kita tidak dapat membuat worksheet baru pada workbook yang dikunci tersebut.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Lalu muncul pertanyaan, apakah bisa mengunci hanya sebagian sel saja dalam suatu worksheet, sehingga data pada sel lainnya tetap dapat kita rubah-rubah ?? Tentu saja bisa, Excel tidak melupakan fitu yang satu ini. Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengunci range sel tertentu dan mengunci worksheet Excel. Oleh karena itu, mari simak artikel ini hingga akhir.

1. Mengunci Range Sel Pada Suatu Worksheet Excel

Untuk melakukan penguncian range sel, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama blok keseluruhan worksheet dengan mengklik CTRL + A sebanyak 2x.
  • Kemudian buka tab Home, dan pada bagian Cells klik menu Format.
  • Maka akan muncul dropdown dan hilangkan pilihan Lock Cells.
  • Selanjutnya blok range sel yang akan dikunci, lalu pada menu Format sama seperti langkah sebelumnya, klik pilihan Lock Cells. Maka dengan itu range sel tersebut ditandai sebagai terkunci meskipun masih dapat diedit, hal tersebut dikarenakan sel tetap dapat diedit selama worksheet tidak dikunci.
  • Selanjutnya pada dropdown menu Format, klik opsi Protect Sheet, maka dengannya akan muncul dialog box.
  • Pada dialog box tersebut, ketikkan password yang akan menjadi pembuka kunci, kemudian pada pilihan dibawahnya hilangkan centang pada opsi Select Locked Cells, sehingga yang tercentang hanya pada Select Unlocked Cells.
  • Klik Ok maka range sel yang tadi akan terkunci, sedangkan sisanya tetap dapat kita edit.
  • Lalu untuk membuka kuncinya, cukup klik menu Format tadi dan pilih opsi Unprotect Sheet, masukkan password lalu klik Ok dan masukkan ulang kata sandinya. Maka sel yang terkunci tadi akan terbuka.
Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

2. Mengunci Worksheet Excel Secara Keseluruhan

Kemudian untuk fitur penguncian worksheet Excel langkahnya sangat mirip dengan yang pertama tadi, perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Langsung klik pada menu Format, dan pada dropdown pilih opsi Protect Sheet.
  • Muncul dialog box, masukkan kata sandi yang akan berguna sebagai kata kunci pembuka worksheet, dan pada pilihan dibawahnya, centang pilihan Select Protected Sheet dan pilihan Select Unprotected Sheet.
  • Klik Ok dan masukkan ulang kata sandinya, maka otomatis seluruh sel pada worksheet tadi akan terkunci semuanya.

Selain pada tab Home, kita dapat menggunakan fitur penguncian melalui tab Review, dimana terdapat opsi untuk penguncian workbook, yang kita tinggal klik dan masukkan kata sandi sebagai pembuka kunci, maka otomatis workbook akan terkunci keseluruhan. Perhatikan gambar berikut :

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah itulah tips terkait fitur keamanan yang disediakan oleh Excel untuk membantu kita menjaga keamanan data kita. Mudah bukan ?? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.