April 9, 2021 By xclmedia Off

Tips Agar Sel Referensi Tidak Berpindah Ketika Dicopy Pada Excel

Bagi orang yang kurang terbiasa mengolah data dengan Excel, atau jarang menggunakan Excel untuk kebutuhan pengolahan data terutama menggunakan rumus-rumus dan referensi-referensi yang banyak, biasanya kebingungan ketika meng-copy data atau rumus yang berisikan referensi sel lain pada Excel. Yaitu ketika meng-copy sel tersebut kemudian disalin ke tempat lain dalam 1 worksheet yang sama, referensi yang tadi terdapat pada rumus, ikut berpindah alamat-nya. Sehingga cukup membuat orang yang awam yang menghadapi hal ini kebingungan atau bahkan bisa jadi mengedit ulang rumus yang tadi.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Seperti contoh diatas, dimana kita meng-copy rumus yang terdapat pada D3 lalu kita menyalinnya ke D4 yang terjadi adalah rumus ikut berubah, yang awalnya =C3 menjadi =C4.

Pada Excel terdapat fitur untuk mengatur agar range sel referensi tersebut tidak berpindah-pindah ketika di-copy, namanya yaitu Absolute Reference. Untuk menggunakan fitur Excel yang satu ini sangatlah mudah hanya cukup kita menambahkan tanda pada rumus yang berisikan sel referensi tersebut.

Untuk penulisan letakkan tanda pada nomor sel referensi tersebut, misalkan kita mengambil referensi pada kolom C Baris ke 3, yaitu sel C3. Kemudian untuk mengunci sel referensi tersebut tambahkan sehingga menjadi $C$3. Dengan begitu sel referensi tersebut tidak akan berpindah-pindah ketika kita copy. Perhatikan Gambar dibawah :

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Lalu bagaimana jika kita hanya ingin mengunci pada referensi kolom saja, sedangkan pada baris tidak dikunci sehingga sel referensi berpindah tapi hanya pada bagian baris saja ?

Caranya adalah dengan menuliskan pada sebelum huruf kolom saja, seperti pada contoh sebelumnya yaitu sel referensi C3, penulisannya adalah $C3.

Lalu bagaimana jika yang ingin dikunci hanyalah referensi barisnya ?

Maka untuk kasus seperti itu tambahkan hanya pada sebelum nomor referensi baris, seperti pada contoh sebelumnya, penulisannya menjadi C$3. Maka referensi akan dikunci pada baris 3 saja.

Lalu bagaimana dengan contoh rumus yang memiliki sejumlah referensi yang cukup banyak ?? Pasti akan menyita waktu untuk menulis satu persatu.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah pada Excel untuk fitur ini tidak luput terdapat shortcutnya juga, yaitu dengan menekan tombol F4 pada keyboard maka otomatis tanda $ akan ditambahkan pada sel yang telah kita pilih yang berisikan rumus referensi tersebut. Pertama kita buka sel yang berisikan rumus tadi, kemudian kita arahkan ke alamat referensi, baru kita tekan tombol F4.

*

**

Itulah tips agar sel referensi pada Excel yang kita tulis pada suatu rumus di sel lain tidak berpindah-pindah ketika dicopy ke sel lainnya. Sampai jumpa pada artikel tips-tips Excel Lainnya.

————————————————————

Semoga Bermanfaat.