April 22, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Memberikan Nama Pada Range Sel Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data pilihan bagi pengguna dari berbagai kalangan baik mahir maupun pemula. Fitur-fitur yang disajikan Excel sangatlah membantu kemudahan dalam bekerja sehingga menghasilkan efisiensi dan ketepatan sajian data. Layout tampilan yang berbasis tabel dengan sel-sel yang dapat diutak-atik, dipadukan dengan berbagai macam rumus yang dapat dikombinasikan dalam jumlah yang sangat banya, menjadikan Excel adalah salah satu aplikasi primadona dalam mengolah data.

Meskipun begitu, biasanya pengguna pemula kurang begitu memahami fitur-fitur yang dapat memudahkan mereka bekerja ketika menggunakan Excel. Contohnya adalah ketika membuat suatu rumus yang mengambil suatu range tabel sebagai referensi, seringnya adalah dengan memblok area range sel referensi tersebut, sehingga apabila data range lumayan banyak, bisa saja terjadi suatu kesalahan ketika memblok range data tersebut. Padahal Excel telah menyediakan fitur yang berguna untuk meminimalisir kesalahan ketika memblok range yang akan dijadikan sebagai referensi, yaitu fitur Define Name, atau memberikan nama pada suatu range data. Sehinggi ketika kita ingin menggunakan range data tersebut kita tinggal memanggilnya saja, maka kesalahan seperti ketika memblok range data tersebut dapat diminimalisir.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Lalu bagaimanakah cara memberikan nama pada suatu range data di Excel ?

Nah, untuk melakukannya terdapat 2 cara yang disediakan oleh Excel. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini hingga selesai.

1. Dengan Menggunakan Name Box

Cara pertama adalah dengan menggunakan Name Box yang terdapat diatas sel A1, dimana cara ini adalah yang paling simpel dan tercepat. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama blok range sel data yang ingin kita beri nama.
  • Kemudian pada Name Box seperti pada gambar dibawah, ketikkan nama sesuai yang diinginkan, misalnya tabel_penjualan. Kemudian tekan Enter.
  • Perlu Diperhatikan : Pemberian nama dilarang terdapat spasi dan dilarang diawali dengan angka.

2. Dengan Menggunakan Menu Define Name

Cara kedua adalah dengan menggunakan menu Define Name yang terdapat pada tabe menu Formula. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Buka tab menu Formulas, lalu klik menu Define Name.
  • Selanjutnya pada dialog box yang muncul,
    Pada kolom Name ketikkan nama yang diinginkan,
    Lalu pada scope pilih Workbook, disini menunjukkan bahwa range data yang akan diberi nama berada dilingkup workbook secara umum dan dapat dipanggil atau direferensikan di sheet manapun di workbook tersebut,
    Kemudian pada kolom Refers To adalah range sel data yang akan diberi nama, kita dapat mengklik gambar pada sisi kanan kolom untuk menseleksi range sel yang akan diberi nama
  • Perhatikan gambar berikut :
  • Selanjutnya klik Ok.

Maka range sel data telah berhasil kita beri nama. Lalu bagaimakah cara penggunaan fitur nama range sel data ini di Excel ?? Nah, berikut kami berikan contoh penggunaannya dengan menggunakan rumus VLOOKUP.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

Contoh Penggunaan Nama Range Data Di Excel

  • Pertama pastikan range data yang akan direferensikan ke dalam rumus telah diberi nama.
  • Ketikkan rumus VLOOKUP seperti berikut :
    =VLOOKUP(…;nama_range_data;…;…)
    Pada contoh kali ini range data kami beri nama tabel_murid, perhatikan gambar berikut
    Otomatis dengan nama range data tersebut referensi tabel akan langsung terlihat.
  • Klik Enter maka otomatis rumus akan langsung bekerja.

Mudah bukan penggunaannya ??

Nah itulah fitur dari Excel yang banyak pemula bahkan terkadang orang yang sering menggunakan Excel sekalipun tidak mengetahuinya, yaitu fitur pemberian nama pada suatu range data di Excel. Cara menggunakan fitur dan penggunaanya sangat mudah bukan ??
Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.